Kita Akan Membutuhkan Inovasi Dari Komputer Kuantum Di Masa Depan

Kita Akan Membutuhkan Inovasi Dari Komputer Kuantum Di Masa Depan

Bayangkanlah satu lampu di kamar kamu hidup serta mati dalam durasi yang berbarengan. Ataupun seekor kucing yang hidup serta mati dalam durasi yang berbarengan. Bisakah Kamu membayangkannya? Pasti ini susah dicerminkan.

Kejadian “hidup serta mati” dengan cara berbarengan itu hendak kita temui dalam PC kuantum. Tipe PC ini menggunakan kejadian yang diucap superposisi, ialah kejadian kuantum yang membolehkan 2 kondisi berlainan ataupun bertolak balik terjalin dalam durasi yang berbarengan. Kejadian ini terjalin pada barang berdimensi amat kecil semacam molekul, bukan pada kucing ataupun ball lamp.

Perusahaan- perusahaan raksasa teknologi data semacam Google, Microsoft, serta IBM saat ini lagi berkompetisi mewujudkan suatu teknologi yang pada era kelak diyakini bisa berakibat besar untuk kehidupan orang.

Mereka berkompetisi buat mewujudkan PC kuantum, suatu mesin penghitung yang menggunakan fisika kuantum dalam cara penghitungannya. Mesin ini diprediksi hendak mempunyai keahlian yang jauh melampaui PC yang kita maanfaatkan dikala ini.

PC yang kerap kita gunakan saat ini sudah membagikan sedemikian itu banyak khasiat yang bisa jadi tidak bisa dicerminkan oleh orang berumur kita puluhan tahun dahulu. PC “klasik” ini dapat kita maanfaatkan buat perihal simpel semacam membagi harga benda belanjaan, membuat kewajiban sekolah, berbicara lewat alat sosial, sampai mengidentifikasi wajah serta suara kita lewat intelek ciptaan yang dipunyanya.

Khasiat yang tidak terbayangkan dikala ini hendak bisa terkabul pada era kelak dengan terwujudnya PC kuantum. Gimana PC kuantum bertugas? Serta gimana PC kuantum bisa mempunyai keahlian yang jauh melewati PC kita dikala ini? Catatan ini menarangkan inovasi yang sedemikian itu ambisius serta lekas dapat direalisasikan itu.

PC Klasik

PC yang kita maanfaatkan dikala ini mengerjakan seluruh data dalam campuran nilai biner yang diucap bit (abreviasi dari binary digit). Suatu bit bisa berbentuk “1” ataupun “0”. Ini semacam sakelar di rumah kita yang bila kita tekan hendak menghidupkan lampu di kamar serta bila kita tekan lagi hendak memadamkan lampu. Apa yang nampak pada layar pc kita dikala ini merupakan hasil pemrosesan dari campuran banyak bit.

Bagaikan ilustrasi, bila kita memiliki 2 buah bit, nilai desimal 2 hendak diwakilkan bagaikan campuran bit “10”( satu- nol, bukan nilai 10). 2 buah bit bisa merepresentasikan nilai desimal sebesar 22 yang diawali dari “00” yang merepresentasikan nihil, “01” merepresentasikan nilai desimal 1, “10” merepresentasikan nilai desimal 2, serta “11” merepresentasikan nilai desimal 3.

Terus menjadi banyak bit yang kita memiliki terus menjadi banyak nilai desimal yang dapat direpresentasikan serta diproses, cocok dengan metode 2n, dengan n merupakan www.datasitus.com jumlah bit. Terus menjadi banyak bit yang dipakai dalam suatu pc, terus menjadi banyak data yang bisa diproses oleh pc; yang berarti terus menjadi bagus kemampuan pc itu dalam melaksanakan tugas- tugas enumerasi yang kompleks.

Superposisi Kuantum

Saat ini, bayangkan gimana bila data dalam bit yang sebelumnya cuma berbentuk “0” ataupun “1” bisa sekalian berbentuk “0” serta “1” pada durasi yang berbarengan. Pc kuantum menggunakan kejadian yang dikenal superposisi, ialah kejadian kuantum yang membolehkan 2 kondisi berlainan terjalin dalam durasi yang berbarengan.

Dalam bumi mikroskopis, anasir, molekul, ataupun elektron bisa bersikap amat abnormal serta amat berlainan dengan bumi makroskopis yang bisa kita lihat tanpa kaca pembesar. Barang- barang di bumi mikroskopis bisa terletak di 2 kondisi yang berlainan dalam satu durasi. Ini susah dicerminkan untuk kita yang terbiasa mengindera barang- barang di dekat kita yang cuma dapat terletak dalam salah satu dari 2 kondisi saja dalam satu durasi.

Bagaikan cerminan, kita dapat ibaratkan lampu bagaikan elektron, setelah itu hidup serta matinya lampu kita ibaratkan dengan 2 kondisi elektron. Di bumi mikroskopis kita dapat mengalami “lampu kuantum” ini hidup serta mati di durasi yang serupa.

Fisikawan Austria Erwin Schrödinger memiliki dongeng menarik mengenai kejadian superposisi. Beliau memikirkan seekor kucing yang terletak di dalam kotak terasing serta tersambung dengan bumi kuantum. Kucing Schrödinger ini sepanjang terletak di dalam kotak terletak dalam 2 kondisi yang berlainan dalam satu durasi, ialah hidup serta mati. Bukankah itu amat abnormal serta tidak bisa jadi terjalin di bumi makroskopis yang lazim kita amati? Tetapi semacam seperti itu bumi kuantum.

PC kuantum menggunakan kejadian superposisi dalam cara penghitungannya. Ternyata membagi bit untuk bit ataupun campuran bit untuk campuran bit dalam satu durasi, PC kuantum bisa membagi dengan cara berbarengan kepada banyak bit ataupun campuran bit dalam satu durasi.

Dengan cara raga, kondisi kuantum pada PC kuantum dapat direalisasikan oleh barang- barang kecil seukuran anasir (10-10 m) ataupun yang lebih kecil. Bagaikan ilustrasi, elektron mempunyai watak esensial menyamai batang besi berani yang dikenal spin. Semacam besi berani, elektron bisa menunjuk ke satu arah khusus, atas ataupun dasar. 2 arah spin elektron yang bertentangan ini alegori bit “0” serta “1” pada PC klasik.

Kondisi kuantum pada spin elektron lazim dituliskan dengan kala menunjuk arah dasar, kala menunjuk ke atas, ataupun a+ b kala menunjuk ke atas serta ke dasar sekalian. | 〉 diucap dengan “ket”, merupakan representasi matematis dari sesuatu kondisi kuantum.